Print this page

Peduli Kesehatan Jantung

Jumat, 05 September 2014 Written by Yulvitrawasih 5829 times

Jantung merupakan organ tubuh manusia yang memiliki peran penting untuk memompakan darah ke seluruh tubuh melalui saluran-saluran yang disebut pembuluh darah, demikian pentingnya fungsi jantung sehingga menjadikan penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Pada umumnya, penyakit ini terjadi disebabkan karena kurangnya jumlah darah yang memasok oksigen ke jantung. Berbagai keluhan seperti sering pusing, berkeringat dingin, dan sesak nafas merupakan beberapa gejala yang dirasakan oleh penderita.

Meskipun dari hasil survey serangan jantung lebih banyak menyerang pria,  tidak berarti wanita tidak berisiko terkena serangan jantung. Seiring dengan bertambahnya umur, risiko terserang penyakit jantung semakin membesar, namun  dari beberapa laporan kejadian di tahun belakangan ini, ternyata serangan jantung tidak hanya menyerang usia tua saja, dilaporkan telah banyak pria yang berumur dibawah 30 tahun mengalami serangan jantung. Dari hal-hal tersebut, patutlah kita melakukan berbagai pencegahan untuk menjaga jantung kita agar selalu sehat. Simak tips-tips berikut untuk menjaga kesehatan jantung:

Relaksasi

Dengan melakukan relaksi secara teratur, maka jantung akan bernafas dengan baik dan teratur sehingga  keadaan jantung akan stabil. Melakukan relaksasi secara rutin setiap hari dapat menurunkan tekanan darah dan hormon stres yang bisa mendatangkan masalah pada jantung dan sistem kardiovaskular.

Berhentilah sejenak dan ambil napas panjang beberapa kali, atau meregangkan badan dan biarkan tubuh merasa rileks. Melakukan sesi meditasi atau yoga juga akan memberi manfaat baik bagi jantung. Berwisata dengan mengunjungi tempat-tempat indah dan tenang atau mengekspresikan diri secara kreatif juga akan memberikan efek yang sama.

Olahraga

Melakukan olahraga secara adalah hal yang baik untuk kesehatan jantung. Selain fisik dan jiwa terasa sehat dan kuat, detakan jantung akan lebih teratur. Lakukan secara rutin minimal 3 kali seminggu. Sesuaikan jenis olahraga yang akan dilakukan dengan kemampuan fisik masing-masing. Bila sudah ada sakit tertentu yang diderita sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memulai berolahraga.

Pola Makan

Jaga kesehatan jantung dengan menghindari makanan yang banyak mengandung lemak dan kolestrol tinggi, seperti seafood serta makanan-makanan yang digoreng. Sebaiknya konsumsi banyak sayuran hijau dan buah-buahan yang mengandung banyak serat. Dianjurkan juga untuk minum air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas perhari.

Hindari Makanan Instan

Agar dapat tahan lama, didalam makanan instan atau siap saji terkandung banyak lemak, garam, serta bahan pengawet, yang seluruhnya dapat berdampak buruk bagi jantung, sehingga akan bijaksana bila kita menghindari mengkonsumsi makanan siap saji terlalu sering.

Stop Merokok

Merokok dan asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Dalam sebatang rokok terkandung tidak kurang  600 macam zat berbahaya yang akan menggerogoti tubuh yang menghisap dan orang-orang yang ada disekitarnya. Berhentilah merokok sesegera mungkin agar kesehatan tubuh dan jantung tetap terjaga.

Perbanyak Kegiatan Spiritual

Penelitian menunjukan bahwa menghadiri acara-acara keagamaan bisa menormalkan denyut jantung dan dapat mengurangi stres. Cara lain adalah dengan menyendiri dan melakukan meditasi. Intinya dengan mendekatkan diri kepada Yang Maha Esa dapat memberikan ketenangan bagi rohani sehingga terhindar dari stress yang dapat memicu terjadinya gangguan pada jantung.

 

 

Share

Tagged under