Print this page

Cegah Penyakit TBC di Keluarga

Jumat, 17 Desember 2010 Written by Yulvitrawasih 6133 times

Tubercolusis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tubercolusis. Kuman ini biasanya menyerang paru-paru, tetapi dapat juga menyerang bagian lain dari tubuh seperti ginjal, tulang, dan otak. Penyakit ini bila tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan kematian.

TBC menyebar melalui udara dan ditularkan melalui batuk dan bersin. Proses penularan terjadi ketika seorang yang memiliki penyakit tubercolusis aktif batuk, bersin, atau berteriak. Kuman tersebut terhirup oleh orang yang berada didekatnya dan mengakibatkan orang tersebut terinfeksi kuman TBC. TBC tidak menyebar melalui obyek seperti pakaian, sofa, mainan, peralatan makan. Karena orang yang terdekat dengan penderita adalah keluarganya, maka orang menyangka penyakit TBC adalah penyakit keturunan.

Kuman-kuman TBC akan menetap di dalam tubuh tanpa membuat sakit. Hal tersebut dinamakan infeksi TBC. Sistem kekebalan tubuh kita menjebak kuman-kuman tersebut, sehingga kita tetap sehat. Dan ketika kekebalan tubuh kita menurun atau tidak dapat melawan, kuman-kuman tersebut menyerang paru-paru atau organ tubuh yang lain. Hal ini dinamakan penyakit TBC.

Kuman TBC berbentuk batang dan tahan terhadap asam sehingga disebut Basil Tahan Asam (BTA). Bakteri ini cepat mati dengan sinar matahari langsung, tetapi dapat bertahan hidup beberapa jam ditempat yang gelap dan lembab.

Namun demikian, TBC bisa dicegah dengan melakukan pola hidup sehat untuk diri sendiri dan keluarga. Yaitu dengan cara:

  1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi, 4 sehat 5 sempurna
  2. Jaga kebersihan diri dan lingkungan hidup kita
  3. Rumah harus mendapatkan sinar matahari yang cukup (tidak lembab)
  4. Hindari percikan batuk dari penderita TBC
  5. Jangan menggunakan alat-alat makan dan minum secara bersamaan.
  6. Berikan imunisasi BCG pada bayi sebelum berumur 2 bulan

Share