You are here:Beranda/Promkes/Tips Kesehatan/Mengelola Diri

Mengelola Diri

Jumat, 17 Desember 2010 Written by Yulvitrawasih 5166 times Print

Cara Hindari Stres Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Terutama bila menghadapi tekanan pekerjaan atau persoalan hidup yang cukup berat. Banyak di antaranya tidak mampu mengatasi sehingga mencari jalan pintas. Tapi, banyak pula yang mampu mengatasinya dengan cara sendiri. Dr Frank C Richardson, associate professor dari Department of Educational Psychology, Stress, Sanity, and Survival dari University of Texas menyampaikan beberapa tips sederhana mengurangi stres akibat beban pekerjaan yang dihadapi.

  • Mulailah dengan perencanaan. Tanpa perencanaan yang baik setiap kegiatan dapat menimbulkan stres. Banyak pekerjaan yang harus diselesaikan segera dalam waktu bersamaan akan menjadi beban pikiran dan dapat membingungkan, mudah lupa, dan hasil akhir yang tidak memuaskan. Bila memungkinkan, kerjakan satu pekerjaan tepat waktu dan selesaikan hingga tuntas.
  • Banyak di antara kita yang menginginkan hasil kerja yang sempurna. Apapun yang dilakukan tidak akan pernah sempurna karena manusia berpeluang besar melakukan kesalahan, meski telah dikerjakan secara teliti. Karena itu, tentukan saja tujuan apa yang hendak dicapai.
  • Belajar untuk bermain. Biasanya setiap orang selalu menyisihkan waktunya untuk santai dan bersenang-senang. Gunakan waktu yang ada, meski hanya singkat untuk bersantai sejenak, apapun kondisi Anda saat itu.
  • Berfikir positif. Hindari sikap yang mengritisi orang lain atau yang dapat merugikan diri sendiri. Belajarlah mencari kesenangan dari orang lain. Fokuslah pada upaya meningkatkan kemampuan diri sendiri melalui pekerjaan dan yakinlah karena hal itu akan menjadi kredit tersendiri dan penghargaan dari orang lain terhadap Anda.
  • Belajar bertoleransi dan pemaaf. Sikap tidak toleransi terhadap orang lain akan menimbulkan rasa frustasi dan sikap pemarah. Upaya untuk memahami perasaan orang lain akan memudahkan Anda menerima kehadiran mereka. Dan, mereka juga akan mudah menerima kehadiran Anda.
  • Hindari kompetisi yang tidak penting. Dalam hidup ini banyak kompetisi yang sulit dihindari. Terlalu banyak perhatian dan keinginan yang ingin dicapai dapat menciptakan sikap berlebihan dan kegelisahan yang tidak perlu.
  • Lakukan kegiatan fisik secara teratur. Periksalah kondisi fisik secara teratur pada ahlinya terutama sebelum melakukan latihan. Anda akan nyaman dan menyenangkan saat melakukan kegiatan fisik daripada kerja berat dan membosankan.
  • Hindari penggunaan obat-obatan dalam memperoleh ketenangan. Meditasi, yoga, atau teknik rileksasi lainnya dapat menjadi pilihan yang baik. Hal itu bisa dipelajari dari buku, dan guru yang terakreditasi.
  • Bicarakan masalah Anda Carilah teman, anggota perkumpulan, penasihat, atau psikolog yang bisa menjadi teman curhat. Apa yang Anda katakan dengan jujur dan terbuka akan bisa mengundang rasa simpatik dan mendatangkan bantuan dari mereka.
  • Ubah cara berfikir Anda. Apa yang kita rasakan sering kali bergantung dari cara pandang atau filosofi hidup kita. Merubahnya adalah sulit dan harus melalui proses yang sangat tidak disukai. Tapi, ada sikap bijak yang bisa menjadi pegangan hidup. Bahwa, tidak ada seorang pun yang mampu menjawab semua apa yang terjadi dalam hidup ini tapi beberapa jawaban bisa dicari.

Share

Klinik Vaksin RS Islam Jakarta Cempaka Putih

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 428-01567
  • Pendaftaran Rawat Jalan Khusus BPJS +62 821 2214 2226 (Hanya WA)
  • Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan dan Asuransi 0812 1349 1516 (Hanya WA) +62-21 428-01567 Ext. 6508

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Statistik Web

Today991
This week6450
This month7970
Total6009128

Who Is Online

13
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih