You are here:Beranda/Promkes/Tips Kesehatan/Tips Agar Tidak Mudah Lelah

Tips Agar Tidak Mudah Lelah

Sabtu, 27 Agustus 2011 Written by Yulvitrawasih 5459 times Print

Pernahkah Anda merasa sangat lelah yang akhirnya menyebabkan menurunnya gairah kerja sehingga pekerjaan yang biasanya menyenangkan pun bisa terasa sangat membosankan. Bila ini tidak sering terjadi mungkin tidak akan ada masalah yang timbul, tetapi bila terjadi berulang-ulang sudah saatnya anda mencari solusinya.

Berikut beberapa tips agar tidak mudah lelah:

1. Gaya Hidup Sehat

Sering tidak disadari rasa lelah hingga jenuh berasal dari gaya hidup yang salah. Coba perhatikan jam tidur Anda, sudah cukupkah? Usahakan menyempurnakan waktu tidur paling tidak selama delapan jam setiap malam. Namun, jika Anda terpaksa harus begadang atau lembur kerja, ambilah waktu untuk memejamkan mata sejenak di siang hari guna menstabilkan metabolisme tubuh.

2. Sarapan

Rutinitas kesibukan di waktu pagi, sering membuat seseorang lupa menyantap sarapan. Luangkan sejenak di rumah maupun di kantor dengan menyantap makanan kaya serat sebagai makanan pembuka hari.

3. Makan Teratur

Dengan menerapkan pola makan tiga kali makan utama dan dua kali mengemil, bisa membuat Anda tak kehabisan energi. Dan pola itu akan membuat kita makan setiap tiga atau empat jam sekali. Namun perlu di ingat untuk makan dengan porsi yang cukup, tidak berlebihan. Pastikan juga, menu makanan Anda mengandung karbohidrat, protein, dan lemak tak jenuh. Kandungan itu mampu menyuplai energi lebih dan membuat perut Anda tetap rata.

4. Letakkan Tanaman di Meja Kerja

Warna hijau daun dan warna-warna cerah pada bunga yang ada di tumbuhan akan membuat mata Anda santai. Bahkan sebuah penelitian membuktikan, para pekerja yang menaruh tanaman di sekitar ruang kerjanya, lebih kreatif dibandingkan karyawan yang hanya menumpuk kertas-kertas di atas meja kerjanya.

5. Sediakan Segelas Air Putih

Sebagian besar orang merasa cepat letih akibat mengalami dehidrasi, untuk itu dengan meletakkan segelas air putih akan memudahkan Anda mengonsumsi air dan terhindar dari dehidrasi. Itu terbukti ampuh seperti halnya yang dilakukan para atlet sebelum bertanding.

6. Berjalan 10 menit

Seseorang yang berjalan cepat selama 70 menit dalam seminggu atau 10 menit setiap hari mampu memompa energi 18 persen lebih banyak ketimbang yang enggan berjalan kaki. Luangkan waktu untuk berjalan, selain menyehatkan, aktivitas itu membuat Anda lebih percaya diri, fokus, serta terbebas dari sakit kepala atau migrain.

Share

Alamat

Rumah Sakit Islam Jakarta CP

Jl. Cempaka Putih Tengah I / 1

Jakarta Pusat - Indonesia 10510

Telephone

  • +62-21 428-01567
    +62-21 425-0451
  • Fax +62-21 420-6681
  • Pendaftaran Rawat Jalan
    1. Khusus BPJS 0812 8896 9622 (Hanya WA)

    2. Pasien Umum, Jaminan Perusahaan dan Asuransi
        * 0812 1349 1516 (Hanya WA) 
        * +62-21 428-01567 Ext. 6508

    3. Aplikasi Android

        Unduh Melalui Play Store (E-Smart RS Islam Jakarta Cempaka Putih)

    Khusus pasien yang telah memiliki no Rekam Medik (No. RM)

Email

  • rsijpusat@rsi.co.id

Statistik Web

Today32
This week6779
This month45637
Total5404023

Who Is Online

4
Online

Copyright © 2018. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih