Print this page

Tips Cantik dan Sehat

Minggu, 23 Januari 2011 Written by Yulvitrawasih 5749 times

Seiring bertambahnya umur, merupakan hal yang lumrah bila terjadi berbagai penurunan hampir di seluruh sistem di organ tubuh manusia, baik organ di bagian yang tidak terlihat yang letaknya di dalam tubuh seperti jantung, otak, dan sistem peredaran darah, maupun organ yang tampak terlihat dari luar seperti penurunan akomodasi mata, sistem gerak, dan penurunan elastisitas kulit.

Walaupun merupakan hal yang normal dan pasti terjadi, penurunan elastisitas kulit sering menjadi masalah bagi sebagian besar kaum wanita, sehingga berbagai halpun kemudian dilakukan untuk mencegahnya, minimal agar tidak datang lebih cepat, kebanyakan mereka akan menggunakan berbagai produk yang banyak dipasarkan oleh produsen yang ‘mengerti’ keinginan wanita, berbagai tindakan invasifpun dilakukan, seperti melakukan bedah plastik. Tujuan dari penggunaan berbagai produk itu adalah meski telah cukup berumur tetapi masih tetap memiliki kulit yang kencang dan wajah yang berseri-seri.

Tidak salah memang memilih berbagai produk untuk kecantikan tersebut atau melakukan berbagai treatment agar tetap terlihat selalu cantik, namun biasanya semua itu memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Ada alternative lain yang bisa dilakukan untuk tetap cantik sekaligus sehat:

  1. Hindari makanan yang berpengawet, mengandung monosodium glutamate (msg), mengandung pewarna, ayam broiler, junk food, atau makanan instan. Lebih baik mengkonsumsi makanan yang segar.
  2. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum, protein nabati seperti tahu dan tempe, sumber hewani dari ikan atau ayam kampung.
  3. Pilihlah lemak yang baik seperti pada olive oil, canola oil, dan alpukat.
  4. Olahraga rutin minimal 30 menit sehari.
  5. Tidur yang cukup minimal 6 jam sehari.
  6. Lakukan manajemen stress dengan relaksasi, membaca, refleksi, atau hobi lain yang disukai.
  7. Hindari rokok, asap rokok, dan alcohol.
  8. Perbanyak minum air putih, minimal 2 liter sehari.

Share

Tagged under