Print this page

Tips Tetap Sehat di Hari Raya

Selasa, 23 Agustus 2011 Written by Yulvitrawasih 6520 times

Setelah menjalankan puasa sebulan penuh, tiba waktunya kaum muslim merayakan hari Iedul Fitri. Biasanya Hari Raya identik bermaaf-maafan, silaturahmi, dan tentunya beraneka santapan lezat yang banyak mengandung karbohidrat, santan, serta lemak yang bisa memicu penyakit tertentu. Agar terhindar dari kemungkinan terserang penyakit akibat makanan di hari raya perlu rasanya kita mengetahui beberapa tips sebagai berikut:

  1. Makan tetap teratur jadwalnya serta selalu tidak mengambil porsi yang terlalu besar setiap kali makan. Jadwalnya makan pagi sesudah shalat, selingan pagi, makan siang, selingan sore dan makan malam. Semuanya dengan porsi seperti hari-hari biasa. Bila berkunjung ke rumah kerabat dan sahabat dan harus makan disetiap tempat, usahakan untuk mengkonsumsi makanan sedikit saja.
  2. Konsumsi makanan dengan komposisi zat gizi yang seimbang, yaitu lebih banyak sumber karbohidrat kompleks seperti nasi atau ketupat, sedikit lemak dan protein misalnya opor dan gulai, serta sedikit sekali gula, minyak dan garam termasuk kue-kue yang manis.
  3. Selalu usahakan setiap kali makan harus terdiri dari berbagai jenis makanan termasuk sayur dan buah. Hindari saat makan hanya mengambil makanan yang disukai saja atau yang enak rasanya saja.
  4. Selalu ingat bahwa makanan yang kaya kandungan lemak akan memberikan asupan kalori yang paling besar, jadi hindari untuk mengkonsumsinya terlalu banyak, kue-kue kering yang banyak disajikan di hari yang fitri ini termasuk ke dalam makanan yang mengandung lemak.
  5. Pilihlah air putih, air putih lebih baik dibanding air berwarna dan bersoda. Usahakan selalu minum air putih minimal 8 gelas sehari.
  6. Bagi Anda yang memiliki penyakit tertentu dan salah satu jenis makanan bisa memicunya untuk timbul, pastikan Anda tidak melanggarnya, tetap hindari jenis makanan yang memang harus dihindari agar terhindar dari pengalaman yang tidak menyenangkan karena harus kesakitan di hari raya.
  7. Bila harus membeli makanan, yang biasanya dilakukan saat rekreasi bersama, tetap perhatikan faktor kebersihan dan lokasi makan. Hindari makanan yang dijual dengan tidak ditutup atau banyak dihinggapi lalat.

Selamat Hari Raya Iedul Fitri, mohon maaf lahir bathin

Share

Tagged under