• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Jangan Lewatkan Makan Siang

Jangan Lewatkan Makan Siang

Jumat, 17 Oktober 2014 23:05 WIB
8233

Setelah setengah hari melakukan berbagai aktivitas bekerja di kantor, tentunya telah banyak energi tubuh yang terkuras, sudah sewajarnya bila saat rehat siang benar-benar digunakan dengan aktivitas yang berfungsi untuk mengisi kembali energi tubuh tadi, waktu rehat juga bisa dijadikan sebagai menjadi sarana untuk melepaskan beban pekerjaan di kantor yang menumpuk.

Salah satu hal terpenting yang dilakukan saat istirahat siang di jam kerja adalah makan siang. Pekerjaan yang menumpuk atau ketika tenggat waktu yang mengejar, sering membuat orang melewatkan makan siang mereka, padahal manfaatnya cukup besar untuk tubuh, salah satunya yaitu untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja, karena saat makan siang, otak kembali melakukan relaksasi sejenak dari aktivitas bekerja.

Sebuah studi dari University of Toronto menemukan bahwa melewatkan istirahat makan siang dapat membuat seseorang menjadi kurang termotivasi dan kurang produktif, karena energi telah terkuras untuk berfikir saat digunakan bekerja. Setelah melewatkan makan siang, tanpa disadari kerja seseorang akan lebih lamban.

Yang perlu diperhatikan saat melakukan makan siang  adalah melakukannya dengan relaks dan fokus tanpa diselingi kegiatan lain, karena masih banyak yang makan siang di meja kerja, mengunyah makanan sambil mengetik, mondar-mandir mengambil barang, atau menelepon. Mereka tidak memberikan waktu bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat. Hal ini berefek buruk bagi kesehatan.

Kebiasaan makan sambil bekerja juga membuat mereka cenderung mengambil lebih banyak waktu dalam menyelesaikan makanan mereka, yang membuat penyerapan nutrisi  makanan dalam tubuh menjadi terganggu. Mengunyah makanan dalam kondisi tak tenang atau stres  akan membuat enzim-enzim pencernaan tidak bisa bekerja baik.

Mulai sekarang, selalu luangkan waktu untuk makan siang, sesibuk apapun, dan  hal lain yang perlu juga mendapat perhatian adalah jenis asupan makanan yang dikonsumsi saat makan siang, tidak hanya asal kenyang, hindari porsi yang berlebihan, dan tetap berpatokan pada piramida makanan atau yang dikenal dengan Tumpeng Gizi Seimbang, sehingga asupannya sesuai dengan kebutuhan.

Karenanya, luangkan waktu 10 menit untuk menuntaskan makan sehingga memberi kesempatan bagi enzim pencernaan bekerja dengan baik. Minimal 20 menit setelahnya gunakan untuk merelakskan tubuh dan pikiran sehingga sirkulasi darah tak terganggu. Setelah makan siang yang berkualitas, tubuh Kita akan kembali siap untuk beraktivitas disisa hari kerja

Tagged under

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih