• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Manfaat Donor Darah

Manfaat Donor Darah

Senin, 05 Desember 2011 21:03 WIB
7530

Beberapa orang di sekitar kita mempunyai hati yang sangat mulia dengan selalu menyediakan waktunya untuk melakukan donor darah setiap 3 bulan sekali. Donor darah adalah suatu proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah lalu kemudian digunakan untuk orang lain yang memerlukan transfusi darah tersebut.

Bila sipenerima donor mendapat keuntungan dari darah yang diterimanya dalam artian terselamatkan nyawanya tidak berarti si pendonor menjadi pihak yang dirugikan, dengan mendonorkan darahnya, seseorang justru mendapatkan beberapa manfaat disamping niatnya yang mulia untuk membantu sesame.

Berikut beberapa manfaat dari mendonorkan darah:

  1. Ketika seseorang menyumbangkan darah, sumsum tulangnya dirangsang untuk menghasilkan sel darah merah baru. Ini akan membuat organ pembentuk darah untuk berfungsi lebih efektif dan sel-sel menjadi aktif.
  2. Calon donor yang mengajukan diri akan diperiksa oleh dokter secara gratis. Dia akan juga tahu golongan darahnya dan tahu apakah dia menderita anemia atau tidak. Donor akan diberi tahu mengenai penyakit dilihat dalam darah sebagai hasil dari tes skrining.
  3. Dengan donor darah akan membantu menjaga kesehatan jantung, saat kita rutin mendonorkan darah, maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.
  4. Membantu penurunan berat tubuh, menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira – kira 650. Donor darah juga bisa membuat pinggang menjadi ramping.
  5. Mendonorkan darah juga bisa membuat kita mendapatkan kesehatan psikologis karena dengan menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada saudara kita yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan tersendiri.
  6. Mendeteksi penyakit serius, tiap kali kita ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa terlebih dahulu sehingga kita bisa mengetahui apakah kita memiliki penyakit serius atau tidak seperti HIV, hepatitis, siphilis, malaria.

Jadi tunggu apalagi dan jangan ragu-ragu, mari kita sumbangkan darah kita melalui donor darah, sudah waktunya kita mengikuti jejak teman dan saudara kita untuk peduli kepada sesama.

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih