• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Sehat di Usia Lanjut

Sehat di Usia Lanjut

Senin, 06 Jun 2011 07:00 WIB
6237

Kesehatan bukan segalanya tapi tanpa kesehatan segalanya bukan apa-apa, jargon ini tentu sudah sering kita dengar. Memang, saat kita tidak berada dalam keadaan sakit, apapun yang kita kerjakan, apapun yang kita makan, apapun yang kita inginkan, kemungkinan besar tidak akan sama dengan saat kita sehat. Karena itu sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan.

Sehat disepanjang hidup adalah keinginan semua orang, baik di usia muda apalagi saat usia sudah tidak muda lagi. Tentu sangat menyenangkan di saat seseorang yang sudah memiliki usia lanjut dan memiliki tubuh yang sehat, bebas dari segala macam penyakit yang bisa jadi akan membuat kesulitan pada dirinya bahkan keluarganya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat usia bertambah, berbagai penyakit degeneratif , seperti stroke, demensia, sakit jantung, sakit ginjal, sakit tulang dan sendi mulai mengintai. Sehingga pentinglah bagi seorang lanjut usia untuk mempertahankan kebugaran fisiknya. Saat fisik bugar penyakitpun terhindar.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar tetap bugar di usia lanjut :

Terus aktifkan otak

Jangan pernah berhenti untuk belajar. Lakukanlah hal-hal baru yang membuat otak kita lebih kreatif. Bila dulu kita mempunyai hobi yang tertunda, mungkin inilah saat yang tepat kita mulai menata hobi kita kembali. Sering mengisi teka teki silang, permainan puzzle, Sudoku, dan berbagai permainan yang dapat merangsang otak kita.

Terus aktifkan tubuh

Otot yang tidak digunakan akan mengecil sebaliknya otot yang sering digunakan akan tetap bugar. Begitu juga dengan sendi yang jarang digerakan akan menjadi kaku. Berapa pun usia kita, berolah ragalah. Berjalan atau berlari di pagi hari secara rutin akan memperbaiki kapasitas paru, memperbaiki sirkulasi sehingga oksigenasi ke seluruh jaringan tubuh menjadi baik. Olahraga juga dapat menurunkan berat badan, mengurangi kadar kholesterol darah, mengurangi resiko jantung koroner 30-40% dan mengurangi risiko stroke 20%.

Konsumsi makanan yang bergizi

Beri tubuh kita makanan yang bergizi, agar dapat berfungsi dengan baik. Konsumsi juga vitamin dan mineral yang bisa diperoleh dari buah-buahan segar dan sayuran yang berwarna hijau terang.

Bersosialisasi

Bersosialisasi dengan teman-teman seumur dapat memberikan keceriaan, saling memberikan semangat satu sama lain. Ikuti berbagai kegiatan sosial maupun kegiatan berkelompok yang bertujuan positif, seperti kelompok senam, arisan, sekelompok orang dengan hobby yang sama, dan lain sebagainya. Dengan bersosialisasi otak akan terus aktif sehingga kita pun akan selalu bersemangat dalam menjalani usia senja.

Mulai hidup teratur dan cukupkan tidur kita

Saat usia bertambah, tatalah tubuh kita agar lebih teratur. Tidur dan bangun pada waktu yang sama. Atur pola tidur dan usahakan agar selalu cukup tidur. Saat tidur,sel-sel tubuh akan beristirahat dan memperbaiki diri. Hindarilah minum banyak maupun minum yang manis saat sebelum tidur, agar tidak terbangun untuk buang air kecil. Matikanlah lampu utama, usahakan tidur di ruangan gelap atau redup. Otak kita akan tidur lebih baik saat cahaya redup. Persiapkan otak kita saat sebelum tidur. Ingatlah bahwa tidur adalah titik nol, lupakan masalah hari ini dan jangan kuatir hari esok. Rilekskan tubuh anda.

Tinggalkan kebiasan buruk

Bila kita mempunyai kebiasaan buruk, inilah saat yang tepat untuk mengubah perilaku. Berhentilah merokok, berhentilah alkohol, kurangi makanan manis dan berlemak. Semua akan membuat tubuh selalu sehat.

Hindari Stres

Apapun masalah kita, apapun yang kita kerjakan, lakukanlah dengan senang hati. Lakukanlah semuanya dengan senyuman. Senyuman dan berpikir positif merupakan cara yang paling efektif untuk menghindari stress

Check up rutin

Pemeriksaan kesehatan rutin atau check up merupakan suatu keharusan, terutama apabila usia kita makin bertambah. Skrining ini berguna untuk pencegahan penyakit atau menemukan penyakit dalam stadium dini, agar pengobatannya bisa tuntas dan sembuh sempurna.

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih