• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Superfood Indonesia

Superfood Indonesia

Senin, 14 Agustus 2023 07:58 WIB
591

Sehat tidak perlu mahal! Tapi, apakah benar-benar super?

Apa sih superfood itu sebenarnya? Superfood adalah jenis makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi dan mampu mendukung aktivitas biologis dalam tubuh melalui zat-zat bioaktif seperti omega-3, omega-6, vitamin, mineral, probiotik mikroorganisme, antioksidan, dan enzim lainnya. Superfood ini diketahui memiliki zat gizi yang sangat kaya, sehingga baik untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat yang dikaitkan dengan superfood ini sangat beragam, mulai dari memperlambat penuaan hingga membantu penurunan berat badan.

Biasanya, superfood ini sering dikaitkan dengan makanan impor yang harganya mahal. Namun, kabar baiknya adalah, Anda bisa menemukan superfood asli Indonesia dengan harga yang terjangkau!

  1. Ikan Gabus: Ikan gabus kaya akan albumin, yang memiliki efek anti nyeri, anti demam, anti depresan, anti peradangan, anti jamur, dan memiliki sifat penyembuhan luka.
  2. Manggis: Mengandung xanthones yang efektif dalam mengurangi risiko penyakit jantung dan melambatkan proses penuaan.
  3. Tempe: Bahan makanan yang berasal dari kacang kedelai ini mengandung senyawa isoflavon yang dapat menurunkan kolesterol, melawan radikal bebas, dan merupakan sumber kalsium yang baik seperti susu.
  4. Salak: Kaya akan kalsium, flavonoid, vitamin C, dan saponin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.
  5. Bekatul: Merupakan bagian terluar dari bulir seperti beras, jagung, dan gandum. Bekatul mengandung serat serta kaya akan omega-3 dan omega-6 yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
  6. Daun Kelor: Kaya akan fitonutrien, vitamin, dan antioksidan yang dapat mencegah inflamasi dan membantu menjaga kesehatan kulit. Bagi ibu menyusui, daun kelor juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI.
  7. Tempoyak: makanan tradisional dari Sumatera Barat yang terbuat dari durian yang telah difermentasi dan berpotensi menjadi superfood probiotik lokal. Menurut hasil penelitian, tempoyak memiliki kualitas gizi yang baik, termasuk kandungan protein dan lemak yang tinggi, dan dapat dianggap sebagai superfood probiotik lokal. Dengan manfaat kesehatannya dan keunikan rasanya, tempoyak merupakan tambahan yang berharga untuk makanan tradisional di Sumatera Barat dan bisa menjadi pilihan sehat dan unik bagi mereka yang ingin mengonsumsi lebih banyak superfood dalam diet mereka.

Ternyata, superfood lokal asli Indonesia memiliki manfaat yang tak kalah dengan superfood impor dari luar negeri! Namun, apakah superfood memang benar-benar "super"? MacGregor (2018) menyebutkan bahwa media memiliki peran besar dalam mempopulerkan istilah superfood untuk menarik minat masyarakat. Istilah ini sering ditujukan kepada mereka yang ingin hidup sehat dan sering kali membuat masyarakat terfokus pada jenis makanan tertentu, padahal variasi makanan yang beragam justru lebih baik untuk asupan gizi yang seimbang. Profil zat gizi dari superfood tidak dapat disangkal, namun penting untuk memahami sifat masing-masing produk dan diingat bahwa konsumsi yang berlebihan dapat berdampak buruk pada tubuh.

Anda dapat mengonsumsi superfood ini jika tersedia, namun tidak perlu berlebihan dalam membeli atau memaksakan jika tidak tersedia. Pada dasarnya, semua makanan memiliki potensi untuk menjadi superfood. Ubahlah persepsi tentang superfood menjadi piring super atau diet super, di mana piring Anda penuh dengan berbagai variasi bahan makanan sehat.

Jadi, mulai sekarang, jangan bingung untuk menjalani gaya hidup sehat. Dengan berolahraga dan mengonsumsi berbagai superfood asli Indonesia, Anda dapat menerapkannya dengan mudah!

 

Referensi:

Ana Fernandez, et.al (2022). A critical review of superfoods from a holistic nutritional and environmental approach. Journal of Cleaner Production

Dwijayanti, F., H, A. D., M, B. D. A., Visual, D. K, Desain, S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2016). Perancangan audio visual manfaat superfoods beserta media pendukungnya. Jurnal pangan dan gizi, I (2)

Gupta, E., &  Mishra, P. (2020). Functional Food with some Health Benefits are so Called as Superfood – A Review. Nutrition Food Science Research, 2(July)

Harvard School of Public Health. (2018). Superfood or Superhype?. Harvard

MacGregor, C., Petersen, A., & Parker, C. (2018). Promoting a healthier, younger you: The media marketing of anti-ageing superfoods. Journal of Consumer Culture

Ngurah, G., & Pinatih , I. (2020). Healthy food to support healthy life. Bali Medical Journal

N Hendry, et.al. (2021). Tempoyak from Agam district of West Sumatera, Indonesia as a local probiotic super food candidate. Post-graduate of Biotechnology, Lecture at Faculty of Pharmacy,  Lecture at Faculty of Natural Science, Lecture at Faculty of Animal Science, Andalas University, Padang, Indonesia

Proestos, C. (2018). Superfoods : Recent Data on their Role in the Prevention of Diseases. Food and Nutrition Journal

Ware, M., & Olsen, N. (2019). What are superfoods and why should you set them?. Medical news today

 

 

author:

Syukriah Usman, S.Gz

Mahasiswa Pendidikan Profesi Dietisien

Universitas Esa Unggul

 

 

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih