• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tetap Aktif di Kantor

Jumat, 23 Desember 2011 18:00 WIB
7460

Adakalanya pekerja di kantor mengalami serangan rasa kantuk atau lelah yang terjadi pada jam-jam kantor, yang kemungkinan disebabkan kurangnya waktu istirahat di malam hari atau energi tubuh yang belum cukup terisi, akibatnya konsentrasi dalam bekerja menjadi berkurang.

Untuk menghindari hal-hal tersebut dan supaya bisa selalu segar sepanjang hari di kantor, ada baiknya untuk menyimak beberapa hal di bawah ini:

1. Sarapan pagi

Sarapan dengan makanan yang kaya akan serat membuat seseorang menjadi lebih siaga. Sesuai namanya, sarapan tidak memerlukan porsi besar tetapi juga tidak sekedar mengganjal perut. Setangkup roti isi selai sesuai selera dan segelas jus tomat adalah salah satu contoh sarapan sehat sebagai pengantar kita untuk beraktifitas pagi hari.

2. Minum air putih

Otak kita mengandung 75% air sehingga tidak mengherankan bila terjadi dehidrasi ringan akan memengaruhi daya pikir seseorang. Sedikit saja kurang minum sampai kehilangan berat badan hingga 1-2% dapat membuat kita cepat lelah, susah berkonsentrasi dan kurangnya kewaspadaan. Bila dehidrasi lebih parah, biasanya orang akan mudah lupa dan bingung. Untuk itu sangat dianjurkan untuk minum minimal 8 gelas perhari atau 2 liter perhari agar tetap segar saat bekerja di kantor.

3. Makan siang

Saat jeda istirahat kantor jangan pernah lewatkan kegiatan ini, tubuh sangat memerlukan tenaga tambahan untuk bisa tetap aktif sampai saat nanti jam selesai kantor. Berbeda dengan sarapan, porsi makan siang akan lebih banyak baik jenis maupun jumlahnya, namun selalu usahakan untuk memperhatikan makanan yang sehat bagi tubuh kita. Bagi seseorang yang memiliki penyakit tertentu, sesuaikan diet seperti yang telah dianjurkan.

4. Berjalan

Sempatkan berjalan-jalan selama jam kantor, minimal 5-10 menit untuk relaksasi. Bila hanya duduk seharian akan membuat tubuh terasa kaku juga mengakibatkan berkurangnya konsentrasi. Setelah berjalan-jalan pikiran akan lebih jernih dan percaya diri.

 

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih