• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tips Antisipasi Kesulitan Tidur

Minggu, 23 Januari 2011 19:06 WIB
6248

Pernah mendengar orang yang mengalami keluhan Insomnia?, atau mungkin pernah mengalaminya sendiri?, Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun, hal ini dikarenakan a tidur merupakan kebutuhan pokok tubuh untuk pertumbuhan dan memperbaiki fungsi organ yang terganggu Rata rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30 – 50% populasi mengalami insomnia.

Insomnia bisa menyerang semua golongan usia. Namun biasanya angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Ini mungkin berkaitan dengan stress yang sering menghinggapi orang yang berusia lebih dewasa dan tua. Disamping itu, perempuan dikatakan lebih sering menderita insomnia bila dibandingkan laki laki.

Lelah dengan insomnia?, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi insomnia:

  1. Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan dengan olah raga teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Sebaiknya olah raga dilakukan pagi hari dan bukan menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul.
  2. Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Bila terlalu kenyang bisa menyebabkan perut tidak nyaman, sementara terlalu banyak minum menyebabkan kita harus sering buang air kecil. Kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur.
  3. Usahakan lingkungan tidur yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, sesuaikan suhu ruangan tidur. Jauhkan jam meja dari pandangan karena dapat membuat cemas karena belum dapat terlelap sementara waktu terus berlalu.
  4. Beberapa jam sebelum tidur, kurangi atau hindari mengkonsumsi minuman yang bisa membuat waspada seperti teh, kopi, dan alkohol.
  5. Makananlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.
  6. Mandi dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan relaksasi pada tubuh, sehingga dapat tidur dengan nyaman.
  7. Hentikan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur.
  8. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur tidak untuk aktivitas lain seperti menonton televise atau membaca sehingga saat berbaring di tempat tidur akan timbul rangsangan untuk tidur.
  9. Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih santai, sehingga mempemudah untuk tidur.
  10. Jernihkan pikiran. Hilangkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran.
  11. Usahakan untuk tidur dan bangun dengan periode waktu yang teratur dan sama setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur selanjutnya.
  12. Berdo’a, dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT hati akan tenang dan tentram.
  13. Jika dengan berbagai dengan langkah diatas masih merasa gagal mengatasi masalah tidur, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mencari jalan keluar.

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih