• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tips Hindari Serangan Stroke

Jumat, 17 Desember 2010 04:22 WIB
7844

Stroke adalah penyebab kematian kedua di dunia dengan kematian lebih dari 5.1 juta. Angka kematian pada pria dan wanita relatif sama, tetapi angka kematian di negara-negara yang miskin dan sedang berkembang, menunjukan jauh lebih besar dari pada angka kematian stroke di negara-negara maju. Tahun 2020 diperkirakan 7.6 juta orang akan meninggal karena stroke.

Untuk menghindari stroke, seseorang bisa melakukan tindakan pencegahan termasuk membiasakan diri menjalani gaya hidup sehat. Berikut adalah 10 langkah yang dapat dilakukan untuk menghindari serangan stroke.


1. Hindari dan hentikan kebiasaan merokok.

Segera hentikan kebiasaan ini, karena dapat menyebabkan atherosclerosis (pengerasan dinding pembuluh darah) dan membuat darah menjadi mudah menggumpal.

2. Periksakan tensi darah secara rutin.

Tekanan darah yang tinggi bisa membuat pembuluh darah mengalami tekanan ekstra. Walaupun tidak menunjukkan gejala, tensi darah perlu di cek secara teratur.

3. Kendalikan penyakit jantung.

Kalau Anda memiliki gejala atau gangguan jantung seperti detak yang tidak teratur atau kadar kolesterol tinggi, berhati-hatilah karena hal itu akan meningkatkan risiko terjadinya stroke. Mintalah saran dokter untuk langkah terbaik.

4. Atasi dan kendalikan stres dan depresi.

Stres dan depresi dapat menggangu bahkan menimbulkan korban fisik. Jika tidak teratasi, dua hal ini pun dapat menimbulkan problem jangka panjang.

5. Makan makanan sehat.

Sangat penting artinya bila kita disiplin memakan sedikitnya lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Hindari makan daging merah terlalu banyak karena lemak jenuhnya bisa membuat pembuluh darah mengeras. Konsumsi makanan berserat dapat mengendalikan lemak dalam darah.

6. Kurangi garam.

Konsumsi garam harus dikurangi karena kandungan natriumnya akan meningkatkan tekanan darah.

7. Pantau berat badan Anda.

Memiliki badan gemuk atau obesitas akan meningkatkan risiko mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes, dan semuanya dapat memicu terjadinya stroke. Jadi kendalikan berat badan Anda.

8. Berolahraga dan aktif.

Melakukan aktivitas fisik secara teratur akan membantu menurunkan tensi darah dan menciptakan keseimbangan lemak yang sehat dalam darah. Menjadi anggota salah satu klub olahraga mungkin salah satu solusinya, karena olahraga yang dilakukan bersama-sama akan memberikan tambahan semangat.

9. Kurangi alkohol.

Meminum alkohol dapat menaikkan tensi darah, oleh karena itu menguranginya berarti menghindarkan Anda dari tekanan darah tinggi, lebih baik lagi bila menghentikan konsumsi alkohol sama sekali

10. Up date pengetahuan Anda.

Seringlah membaca artikel kesehatan yang banyak disajikan di koran dan majalah-majalah, dengan mengikuti perkembangan informasi tentang kesehatan itu, banyak pelajaran penting yang bisa diperoleh untuk menghindari kemungkinan risiko stroke.

Tagged under

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih