• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tips Kembalikan Stamina

Jumat, 17 Desember 2010 04:49 WIB
7462

Siapa saja pasti pernah merasakan cepat lelah, baik wanita maupun pria, yang bekerja atau menghabiskan aktifitasnya di rumah saja, kalau ini terjadi maka berarti stamina orang itu sedang menurun. Stamina sangat diperlukan oleh semua orang untuk melakukan tugas pekerjaan sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti dan masih mempunyai cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggang serta untuk keperluan mendadak.

Saat stamina sedang menurun kebanyakan orang kemudian akan mengkonsumsi vitamin atau minuman bervitamin yang banyak dijual di pasaran. Padahal dalam beberapa kasus, ditemukan penderita yang menderita gagal ginjal akibat sering mengkonsumsi minuman penambah tenaga, karena ternyata minuman sejenis itu akan membuat kerja ginjal menjadi lebih berat.

Ada cara yang lebih alami dan sehat untuk menjaga dan meningkatkan stamina :

1. Olahraga. Olahraga terutama jenis aerobik adalah obat terbaik mengatasi kelelahan dan menambah energi. Olahraga aerobik seperti bersepeda, berenang, dan lari akan memperkuat jantung sehingga lebih banyak pasokan oksigen yang sampai ke seluruh tubuh, sehingga meningkatkan efisiensi produksi energi.

2. Minum lebih banyak. Kurang cairan adalah penyebab kelelahan. Jika tubuh kekurangan cairan, darah mengental. Akibatnya aliran darah jadi lambat dan butuh waktu lebih bagi sel tubuh untuk mendapatkan oksigen. Jadi jangan lupa untuk mengkonsumsi cairan terutama air putih minimal 2 liter perhari.

3. Makan sedikit, tetapi sering. Makanlah dengan porsi kecil bergizi seimbang, tetapi sering. Makan porsi besar kaya karbohidrat menyebabkan gula darah meningkat. Ini membuat lebih banyak insulin yang dikeluarkan tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan terlalu banyak gula darah dikirim ke sel otot untuk disimpan. Inilah yang menjadi penyebab utama kelelahan.

4. Konsumsi suplemen vitamin, mineral dan asam lemak omega 3. Disarankan untuk menambah asupan multivitamin dan mineral untuk pasien yang kelelahan. Karena vitamin antioksidan dapat membantu tubuh menetralkan kerusakan dalam sel karena serangan radikal bebas. Mineral mendukung kinerja hati dan ginjal dalam melakukan kerja detoksifikasi tubuh. Asam lemak omega 3 membantu kerja setiap sel tubuh agar berjalan mulus.

5. Ubah rutinitas. Bila kegiatan sehari-hari sudah dapat ditebak, cobalah untuk merubah kebiasaan itu karena kegiatan yang sama akan menyebabkan kebosanan, ini juga dapat menguras energi. Coba membaca jenis buku atau music yang baru, ganti rute baru perjalanan ke kantor, atau cobalah untuk berbincang-bincang dengan orang baru.

6. Beri prioritas. Buat daftar hal paling penting dalam hidup, hal-hal yang sangat ingin kita lakukan. Melakukan hal yang tak diinginkan hanya akanakan menghabiskan energi.

7. Istirahat sejenak. Manusia sudah diprogram secara sempurna oleh yang Allah SWT untuk bergerak antara menghabiskan dan meregenerasi energi. Siklus ini berlangsung selama 90-120 menit, selama waktu kelelahan. Jadi cobalah beristirahat beberapa menit untuk kembali memulihkan energi.

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih