Produktif sering diidentikkan dengan 'kerja keras' dan melelahkan. Tapi meningkatkan produktivitas sebenarnya juga dapat dilakukan dengan berbagai hal yang seringkali dilupakan. Padahal, asal kita tahu bagaimana memanfaatkannya dengan baik, maka produktivitas dipastikan akan meningkat.
Berikut hal-hal yang dapat membantu meningkatkan produktivitas di kantor:
1. Kursi kerja yang nyaman dan enak diduduki
Kursi yang terlalu keras, terlalu pendek atau terlalu tinggi dapat mengganggu kenyamanan kita dalam bekerja. Pastikan Kita memakai kursi yang nyaman, terutama bila banyak bekerja sambil duduk.
2. Komputer yang baik dan sejajar mata
Gunakan keyboard komputer dengan tuts yang baik dan layar komputer yang sejajar dengan mata, komputer yang berfungsi dengan baik mampu mempengaruhi kelancaran dan produktivitas. Kenyamanan dan postur tubuh yang baik saat bekerja, akan membuat pikiran menjadi lebih jernih dan mengalir.
3. Bergeraklah, jangan duduk terus
Setiap setengah jam sekali, bangkitlah dari kursi dan tinggalkan meja kerja selama tiga hingga lima menit. Gunakan waktu tersebut untuk merenggangkan tubuh dan menyegarkan pikiran. Setelah itu, segera kembali ke meja dengan konsentrasi dan kondisi yang lebih segar.
4. Batasi waktu di kantor
Buatlah aturan sendiri, berapa jam kita menyelesaikan pekerjaan kantor dan kapan harus meninggalkan kantor. Taati peraturan yang telah dibuat tersebut, sehingga kita dapat bekerja lebih efisien dan tidak dikejar-kejar tenggat. Semakin banyak waktu yang kita miliki, semakin lama kita menyelesaikan pekerjaan.
5. Buat daftar kerja
Agar lebih efisien dan efektif, tulislah daftar pekerjaan yang harus dikerjakan setiap harinya. Kemudian coretlah satu persatu begitu selesai mengerjakannya.
6. Sediakan buku catatan atau agenda khusus
Buang kebiasaan menulis catatan penting di sembarang kertas, persiapkan buku khusus atau agenda yang kita bawa setiap saat. Sehingga bila ada ide yang melintas, dapat segera dicatat. Kita pun tak akan membuang waktu lagi untuk sibuk mencarinya.
7. Buat ruang kerja seringkas mungkin
Pastikan ada tempat tersendiri untuk menyimpan alat-alat kantor, mulai dari klip kertas, pulpen, spidol, dan lainnya, sehingga begitu dibutuhkan, kita langsung tahu di mana mencarinya. Menurut beberapa survey, 75% pekerja menghabiskan waktu 15 menit setiap hari hanya untuk mencari barang yang sulit dicari.
Bila hal tersebut di atas dipraktekkan dengan baik maka produktivitas kerja akan meningkat dibanding sebelumnya. Selamat bekerja…..
© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih
Admin
Keluhan, Kritik dan Saran
Sorry, I'm offline at the moment. I'll be back online in the next 4 hours 47 minutes
20:00Informasi
Medical Check Up
Sorry, I'm offline at the moment. I'll be back online in the next 4 hours 47 minutes
20:00Pendaftaran Rawat Jalan
Khusus Pasien BPJS
Sorry, I'm offline at the moment. I'll be back online in the next 4 hours 47 minutes
20:00Pendaftaran Rawat Jalan
Pribadi, Asuransi, dan Perusahaan
Sorry, I'm offline at the moment. I'll be back online in the next 4 hours 47 minutes
20:00