• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Cahaya Ultraviolet Cegah TB

Cahaya Ultraviolet Cegah TB

Sabtu, 26 Maret 2011 17:00 WIB
6712

Penyakit tuberculosis yang dikenal luas oleh masyarakat sebagai TBC atau TB , saat ini telah diderita berbagai golongon. Bila di waktu lalu TB lebih sering mengenai seseorang yang berekonomi rendah, tidak demikian yang terjadi pada beberapa waktu belakangan ini, bahkan seseorang yang telah mapan dalam hidup dan mampu memenuhi kebutuhan gizinya tidak bisa menghindar juga dari tertular penyakit TB.

Setiap orang, selama dia bersosialisasi dengan orang lain di berbagai tempat, akan berisiko tertular penyakit TB. Rumah sakit merupakan salah satu tempat yang menjadi tempat penularan penyakit TB. Disinyalir, bersin atau batuk menyembur kuman TBC ke udara dalam tetesan kecil yang bisa menulari pengunjung, dan pasien lain. Sehingga akan bijak rasanya bila masyarakat terutama anak-anak yang masih di bawah umur 13 tahun menghindari berkunjung ke rumah sakit, kecuali untuk berobat.

Disemua tempat yang berisiko menjadi tempat penularan kuman TB, faktor penularan dapat dicegah dengan memaksimalkan cahaya ultraviolet. Sebuah penelitian membuktikan bahwa cahaya ultraviolet dapat mengurangi penyebaran tuberkulosis hingga 70 persen. Cahaya ultraviolet ditambah saluran udara terbuka untuk sirkulasi berdasarkan penelitian itu mematikan bakteri tuberculosis dengan merusak DNA. Sehingga mereka tidak bisa tumbuh dan menulari orang sekitar.

Jadi, membuka pintu dan jendela di rumah dan di tempat kerja bila memungkinkan, yang akan membuat sinar matahari yang kaya akan cahaya ultraviolet dan udara segar leluasa masuk ke dalam rumah akan sangat bermanfaat untuk pencegahan tertular penyakit TB.

Tagged under

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih