• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Menyusui, Mencegah Risiko Diabetes Type 2

Menyusui, Mencegah Risiko Diabetes Type 2

Senin, 07 Februari 2011 07:00 WIB
9222

Bertambah satu lagi manfaat menyusui bagi ibu. Menyusui memang tidak hanya bermanfaat bagi bayi, tetapi juga ibu. Beberapa manfaat menyusui bagi ibu adalah menurunkan risiko terkena penyakit kanker payudara, menurunkan risiko osteoporosis, menurunkan risiko terkena kanker ovarium, membantu proses pengembalian ke berat badan ibu sebelum hamil, dan sebuah penelitian terakhir mengungkapkan fakta bahwa menyusui juga merupakan tindakan pencegahan terhadap serangan diabetes tipe 2.

Diabetes melitus tipe 2 atau sering juga disebut dengan Non Insuline Dependent Diabetes Melitus (NIDDM) merupakan penyakit diabetes yang disebabkan oleh terjadinya resistensi tubuh terhadap efek insulin yang diproduksi oleh sel beta pankreas. Keadaan ini akan menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi naik tidak terkendali. Kegemukan dan riwayat keluarga menderita kencing manis diduga merupakan faktor risiko terjadinya penyakit ini.

Perubahan metabolisme ibu menyusui membantu menstabilkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap hormon insulin. Ibu yang menyusui bayinya terus-menerus selama paling sedikit satu tahun akan lebih baik dibandingkan dengan menyusui kurang dari satu tahun. Untuk setiap tahun tambahan menyusui, ada tambahan 15 persen penurunan risiko. Menurunkan kadar gula darah juga lebih mudah pada wanita menyusui dibanding wanita tidak menyusui.

Ibu yang menyusui bayinya mempunyai kecenderungan memilih gaya hidup lebih sehat dibandingkan yang tidak menyusui, mereka umumnya lebih selektif memilih makanan sehat dan bergizi agar kandungan ASI yang diberikan pada bayi juga memiliki zat gizi yang tinggi. Gaya hidup semacam ini jelas akan mendorong metabolisme tubuh untuk mengurangi risiko terjadinya diabetes.

Setelah mengetahui betapa banyaknya manfaat menyusui baik bagi ibu maupun bagi bayi, diharapkan bisa lebih memberikan motivasi bagi para ibu yang sedang hamil agar memantapkan niatnya untuk memberikan ASI secara ekslusif selama 6 bulan dan terus memberikannya sampai bayi berusia 2 tahun.

Tagged under

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih