• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Perhatikan Jumlah Konsumsi Makanan Minuman Anda

Perhatikan Jumlah Konsumsi Makanan Minuman Anda

Sabtu, 22 Januari 2011 14:38 WIB
8972

manfaat. Tapi terkadang kita lupa berapa jumlah yang seharusnya dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat itu. Akhirnya karena khawatir akan efek buruk yang mungkin ditimbulkannya, sebagian dari kita justru menghindari makanan ataupun minuman tersebut, yang seharusnya mempunyai manfaat bagi tubuh kita. Berikut ini adalah makanan dan minuman yang perlu diperhatikan jumlah penyajiannya.

1. Kopi

Tidak sedikit orang yang tidak mau minum kopi karena takut akan efek negatifnya. Padahal kopi hitam tanpa gula dan krimer justru bisa jadi minuman yang baik untuk tubuh. Seperti mengurangi risiko diabetes, serangan jantung, dan juga gagal ginjal. Dalam sehari boleh mengkonsumsi hingga dua cangkir kopi hitam tanpa tambahan apapun. Agar kalsium tulang tetap terjaga, tambahkan susu segar ke dalam secangkir kopi.

2. Cokelat

Dark cokelat mengandung 70% kokoa murni. Kandungan gula nya lebih sedikit jika dibandingkan dengan white chocolate ataupun milk chocolate. Dark Chocolate mengandung polyphenol dan flavonoid antioksidan yang juga banyak dijumpai pada teh hijau. Cokelat ini bisa mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah dan menekan risiko terserang stroke. Meskipun cokelat sehat, kandungan lemak dan kalori nya juga cukup tinggi. Jadi, cukup konsumsi cokelat 2 ons perhari untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Soda

Minuman yang satu ini tidak pernah memiliki nilai lebih, namun cukup banyak yang menyukainya baik tua maupun muda. Soda bisa mengikis kalsium pada tulang dan kadar gulanya cukup tinggi. Jadi sebaiknya minuman soda ini dihindari.

4. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu menu sarapan yang cukup digemari. Oatmeal memang sangat dianjurkan karena bisa menyerap kolesterol jahat dalam darah. Tapi penelitian sebuah penelitian menemukan bahwa anak-anak yang hanya mengkonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan justru akan meningkatkan konsumsi kalori sebanyak 80% dalam sehari dibandingkan menu sarapan lengkap dengan sayur dan buah.

5. Pizza

Secara keseluruhan, pizza bukanlah termasuk makanan yang terbilang sehat. Tapi kalau dilihat lagi dari topping yang digunakan, pizza bisa jadi makanan yang cukup sehat. Salah satunya jika pizza tersebut bertopping tomat yang kaya akan lycopene, olive yang mengandung antioksidan dan bisa menghindarkan dari kanker dan peningkatan kolesterol.

6. Ikan

Mengkonsumsi ikan dua kali dalam satu minggu bisa membantu mencegah terjadinya serangan jantung, stroke, dan penyumbatan pembuluh darah. Ikan, khususnya salmon dan tuna merupakan sumber asam lemak omega-3 yang juga bisa menurunkan risiko diabetes. jenis ikan lainnya adalah sardin, herring, dan mackarel. Sebaiknya konsumsi ikan yang masih segar dan kurangi atau hindari ikan yang diawetkan.

7. Pemanis Tambahan

Banyak orang menggunakan pemanis tambahan atau gula diet untuk menjaga tubuh tetap langsing. Berdasarkan penelitian, apapun bentuk pemanisnya, baik natural atau tidak, tetap saja menjadi sumber penambahan berat badan. Jika Anda mengkonsumsi pemanis ini sebagai pengganti gula biasa namun dengan jumlah yang tidak juga dikurangi maka hasilnya akan sama saja. Bobot tubuh bertambah dan kecenderungan terkena diabetes tetap saja ada.

Tagged under

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih