• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Tidur Siang Untuk Atasi Masalah

Tidur Siang Untuk Atasi Masalah

Sabtu, 13 Agustus 2011 15:05 WIB
6581

Banyak yang bilang tidur siang adalah pertanda orang malas. Namun para peneliti justru menganjurkan seseorang untuk tidur siang, terutama jika sedang bermasalah. Tidur siang adalah obat ampuh untuk mengatasi stres dan masalah. Benarkah?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti dari Kanada menyebutkan bahwa tidur siang akan mengaktifkan bagian otak yang berfungsi untuk memecahkan masalah. Hal ini dibuktikan pada saat penelitian dilakukan seluruh partisipan diberi beberapa tugas dan pertanyaan, mereka yang melakukan tidur siang mampu lebih cepat menyelesaikan tugas ketimbang mereka yang tidak tidur siang.

Hingga kini, peneliti menduga bahwa bagian otak yang berfungsi sebagai 'executive network' yang berhubungan dengan pemecahan masalah akan tetap aktif meski dalam keadaan tidur.

Namun para peneliti mencoba meyakinkan bahwa tidur siang bukan berarti memperbanyak waktu tidur, yang penting adalah kualitas tidur siang itu sendiri serta jumlah keseluruhan tidur dalam satu hari masih dalam batas wajar, yaitu 6-7 jam untuk orang dewasa. Dengan demikian memanfaatkan waktu istirahat di tengah-tengah rutinitas kantor dengan tidur siang selama 10-15 menit, rasanya cukup dapat mengembalikan kesegaran tubuh juga otak, sebelum berlanjut ke aktivitas berikutnya. Banyak penelitian juga menyebutkan bahwa mengatakan bahwa banyak tidur justru membuat kemampuan otak menurun dan menjadi tidak bersemangat untuk melakukan kegiatan.

Jadi jika Anda merasa sedang banyak masalah, tidak ada salahnya tidur siang sebentar saja, walaupun tidak akan serta merta memecahkan masalah, bisa saja setelah terlelap sebentar, otak kita kembali segar dan mampu menemukan ide-ide baru untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Tagged under

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih