• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
You are here:RSIJCP/Pusat Informasi/Artikel/Ubah Gaya Hidup untuk Cegah AIDS

Ubah Gaya Hidup untuk Cegah AIDS

Sabtu, 22 Januari 2011 14:45 WIB
9569

HIV/AIDS menjadi masalah sosial karena menyerang semua orang, tua, muda, suami, istri, anak-anak, dan lainnya. Semuanya dan siapa saja bisa terkena. Begitu menyeramkan virus itu, sehingga perlu komitmen untuk mencegah penularannya. Cegah dan kenali dimulai dari diri sendiri, lalu keluarga, rekan kerja dan ke komunitas yang lebih luas, intinya sesuai dengan tema Hari Aids Sedunia 2010, yaitu: Lindungi diri dan orang lain dari infeksi HIV.

Kini sudah diakui jika tidak ditanggulangi dengan baik, maka estimasi penderita HIV/AIDS di Indonesia pada tahun 2014 naik tiga kali lipat menjadi 501.400 jiwa. Penderita HIV/AIDS semakin banyak sementara obat yang ampuh untuk mematikan virus itu belum juga ditemukan maka pendekatan sosial mutlak dilakukan. Badan sosial yang peduli dengan HIV/AIDS perlu bekerja lebih keras lagi, menyadarkan manusia bahwa semua orang bisa kena AIDS. Cegah dan kenali, hanya itu yang bisa dilakukan.

AIDS memang masalah sosial sehingga melahirkan konsep universal. Penularan yang universal dan harus dikenali dengan baik. Penularan bisa melalui hubungan seksual yang tidak aman, Berganti-ganti pasangan seks dengan jenis kegiatan seks seperti oral, anal dan perilaku seks menyimpang. Data dari Departemen Kesehatan tahun 2008 menunjukkan penularan lewat hubungan seksual sebesar 42 persen dari seluruh jumlah penderita. Penularan lain lewat transfusi darah dari pengidap HIV, secara langsung akan tertular virus HIV sebesar 90 persen lebih. Intra Drugs User (IDUs) istilah pengguna narkoba jenis suntikan.

Pada dasarnya setiap kita bisa menghindari AIDS dan tidak sulit bila bisa mencegah virus HIV tidak menyerang tubuh. Kuncinya adalah kesadaran, kesabaran dan sikap setia. Bila ditinjau dari segi penularannya maka pencegahan dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Tidak melakukan seks bebas. Dalam arti aktivitas seks hanya bagi orang yang sudah mempunyai pasangan yang sah. Hindari melakukan seks bebas dengan pasangan yang berganti-ganti.
  2. Selalu Setia dengan pasangan. Bersabarlah, sadarilah bahwa pasangan sah yang ada saat ini adalah pasangan yang terbaik untuk Anda dan selalu berusaha untuk bersikap saling setia.
  3. Obat-obatan seperti narkoba jenis suntikan harus dihindari dan dihentikan. Jarum suntik yang terinfeksi merupakan salah satu media penularan virus HIV.

Tagged under

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih