• UGD 24/7
  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • +6221 4280 1567 & +6221 4250451
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tips Memilih Makanan Dalam Kaleng

Jumat, 17 Desember 2010 04:47 WIB
7147

Kemajuan zaman dan semakin banyaknya wanita yang bekerja di luar rumah membuat konsumsi makanan kaleng semakin meningkat. Makanan kaleng selain mudahnya cara penyajiannya, jenis makanan dalam kaleng yang beredar di pasaran pun sudah sangat beragam, mulai dari jenis ikan, daging, sampai buah-buahan.

Di pasaran, kita bisa dengan mudah menemukan berbagai macam makanan kaleng, baik produksi dalam negeri maupun yang impor, dengan harga yang juga sangat bervariasi sehingga wajarlah makanan kaleng menjadi alternatif bagi sebagian rumah tangga.

Terkadang kita tidak memperhatikan kondisi dari makanan kaleng tersebut, apakah masih layak dikonsumsi atau tidak, karena kondisi kemasan kaleng akan sangat berpengaruh pada kualitas makanan yang ada di dalamnya. Berikut beberapa tips untuk memilih makanan kaleng yang baik:

  1. Pilihlah makanan kaleng yang kalengnya masih bagus /tidak penyok.
  2. Pilih makanan kaleng yang tutup (seal)-nya masih bagus dan tertutup rapat.
  3. Usahakan tidak membeli makanan kaleng yang berjarak 3 bulan sebelum tanggal kadaluarsa. Bila sudah telanjur membeli, kita masih dapat mengonsumsinya, sebab batas waktu konsumsi makanan kaleng umumnya 3 bulan sesudah tanggal kadaluarsa.
  4. Sebelum membeli makanan kaleng, perhatikan bagian atas/tutup makanan kaleng. Bagian atas/tutup makanan kaleng harus cekung, tidak boleh menggelembung. Apabila kita menemukan makanan kaleng yang bagian atas/tutupnya menggelembung, sebaiknya jangan dibeli. Penggelembungan ini terjadi karena adanya produksi gas oleh mikroorganisme, yang berarti terjadi pertumbuhan mikroorganisme.

 

Nah… teliti sebelum membeli termasuk menjaga kesehatan juga kan?

Terakreditasi Nomor: LARSI/SERTIFIKAT/096/02/2023

Lulus Tingkat Paripurna      

Bekerja Sebagai Ibadah Ihsan Dalam Pelayanan

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat, Indonesia 10510
  • +6221 4280 1567
  • +6221 425 0451
  • rsijpusat@rsi.co.id

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus BPJS

Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Umum, Jaminan Perusahaan & Asuransi

© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih